Southern Italy

Italy – Rome, Palermo sicily, Naples, Capri

June 2012

Kali ini kami mengunjungi bagian selatan dari Italia, memang kami agak kurang mainstream, dan tertarik banget sama reruntuhan2 dan sejarah (lebih tepatnya gw doank sih, glenn ngga, dia lebih suka cari spot bagus buat foto2 :p ), Dan dulu pernah nonton Pompeii dan baca2 sejarah romawi kuno, jadilah kami (gw, glenn setengah terpaksa :D) memutuskan pergi ke southern Italy.

 

Where to go

Karena nyambung dari trip Barcelona, dan flightnya paling banyak ke ibukota yaitu rome, kami stay di rome 3 malam, lalu lanjut 1 malam di Palermo, sicily, dan 3 malam Naples, capri.

Rome:

  1. Coloseum – Hari pertama kami tiba, dan beristirahat, hari ke dua langsung mengunjungi tempat ini, salah satu seven wonders of modern world, antri tiket masuknya lumayan cukup panjang, gw selalu saranin kalo datang ke objek wisata yang touristy banget mending datanglah agak pagian. Harga tiket masuknya sekitar 12 Eur.

    P1010737

    Inside colloseum

  2. Roman Forum – Nah lalu langsung nyambung kemari, colloseum dan roman forum itu berdekatan. Berada di satu kawasan yang sama. Ini sebenarnya cuma reruntuhan aja sih, dulunya bekas tempat parelemen dan gedung-gedung penting waktu romawi kuno (sekitar 7 BC).

    P1010766

    -Roman Forum-

  3. Pantheon – Siang menjelang sore, kami jalan dengan public transport ke tempat ini, yang masih aktif digunakan sebagai gereja.
  4. Piazza Navona – tempat ini deket banget sama pantheon, banyak banget yang jual lukisan di sepanjang jalan ini, cukup ok buat sore2 duduk2 sambil makan ice cream 😀

    P1010808

    -Piazza Navona-

  5. Piazza del Popolo – ini juga deket banget dari pantheon dan piazza navona kalian bisa jalan kaki, atau mungkin naik vespa sambil liat2 toko2 lucu. Kalian bisa sambil lewat juga ke Spanish steps (cuma kaya anak tangga gitu sih)
  6. Trevi Fountain – Ini harus naik bus, untungnya pergi pas summer adalah matahari tenggelam lama (sunset jam 9), jadi punya waktu lebih banyak buat jalan dan foto2, serius ini sama banget deh sama fountain yang di PIK 😀 whahahahahahaah cuma lebih besar dan lebih tua aja. Btw, tempat ini ga pernah sepi, jadi agak susah buat dapet foto yang proper kekinian hahahahha.

    P1010812

    -Trevi Fountain-

  7. Vatican St. Basilica – Nah hari ketiga, kami ke Vatican city, tempatnya agak jauh, tapi masih bisa dijangkau dengan public transport, antri masuk di Vatican itu puanjaaangggggggggggg banget, kami sampe ga kepengen masuk sih liatnya. Hahahahhahah.. anyway kamipun bukan tipe gerejawi yang harus ketemu paus, jadi kamipun explore museum yang ada disana.

    P1010860

    -Vatican City-

  8. Trastevere – sore harinya kami jalan2 di trastevere, yg gw inget kawasan ini cantik banget karena banyak banget rumah yang tanem bougenville, dan pas kami kesana bougenville disana lagi bener2 mekar, cukup ok buat foto-foto. Lalu hari ke empat kami terbang ke Palermo.

 

Palermo:

  1. Palazzo dei normanni – atau yang dikenal juga dengan nama palatine chapel, bangunan di Palermo ini cukup menarik karena ada influence dari arab-normandi, dibangun di abad ke 9 dan namanya dulu al Qasr.

    P1010945

    -Palazzo Dei Normanni-

  2. Palermo cathedral
  3. City sightseeing – kami hanya satu malam stay di Palermo, karena memang kota ini kecil dan ga terlalu banyak objek wisata untuk dilihat, tapi banyak banget makanan yang harus dicoba disini, gw akan bahas di where to eat. P1010906

 

Naples – Capri:

  1. Pompeii ruins – Hari pertama kami tiba dan beristirahat, hari kedua kami seharian menelusuri naples atau Napoli, kota yang terkenal dengan pizzanya, Pompeii ini juga mirip2 sama roman forum, tinggal reruntuhan, karena dulu tempat ini ketutup abu vulkanik dari gunung vesuve, train station yg paling dekat dari tempat ini yaitu Napoli centrale.
  2. Corso Italia – kalo kalian suka belanja, wajib ketempat ini, dan di naples ini sepanjang jalan kalian bisa lihat pohon orange dan lemon, rasanya pengen petik banget :p

    P1010997

    -Orange trees along the road-

  3. Castle del ovo & Castle nuovo
  4. Piazza del plebiscite – 2 tempat ini ada di itinerary gw sebenernya, tapi glenn gamau kesana huhuhu..
  5. Capri Island – Hari ketiga kami naik ferry 1 day tour (pergi pagi pulang sore) yang kami dapat dari hotel tempat kami menginap. Kami melewati the famous blue grotto, berhenti sebentar buat foto2, melewati positano, sebenarnya kalian bisa lewat jalan darat ke positano, kalo kalian punya lebih banyak waktu disini, nah capri itu pulau kecil, yang bisa banget dikelilingi setengah harian udah abis. Tempatnya sih lucu, banyak market dan cafe2 lucu disini. P1020127

    P1020099

    -Capri Island-

 

 

Where to stay

Rome – Residence Monteverde, di rome ini kami tinggal agak jauh dari city center, di trastevere, kalo di Jakarta ini kaya di tangerang gitu deh, nah tempat kami tinggal ini, ga ada petunjuk atau apapun karena ini kaya air bnb gitu, rumah besar dengan bagian belakangnya kamar2 semua untuk disewakan, lokasinya dekat dengan bus station, tapi pas nyarinya agak PR karena waktu itu kami ga ketemu orang yang bisa bahas inggris dan rumahnya agak ngumpet di belakang gitu.

Palermo – Mercure Palermo, hotel aman kalo traveling, letaknya juga ga jauh dari city center. 😀

Naples – Crown Plaza Castelamare di Stabia, Hotel kami yang ini kamarnya cukup luas, dari kamar bisa langsung lihat gunung vesuve, servicenya juga ok, mereka bisa arrange ferry untuk nyebrang ke capri. Very recommended.

P1010994

-Our hotel view-

 

Where to eat & shop

Rome – kalo di rome, banyak banget yang harus dicobain, dan di restoran manapun rasanya rata2 menurut gw, kalian harus banget cobain:

  1. Spaggetis alla matriciana (ini non halal, isinya tomato and pork) ,
  2. Gnocchi alla romana (gnocchi di rome tekturnya unik banget bisa membal2 di mulut :p)
  3. Saltimbocca alla romana (daging sapi muda yang di wrap sama ham dan sage)
  4. Dessert – ricotta, pannacota, dan gelati (ice cream)
  5. Café Greco di via condotti
  6. Shopping di via del corso, via del babuino dan sekitarnya, banyak juga antique shop didaerah tersebut.

Palermo – nah kalo disini kalian harus cobain:

  1. Canoli dan ricotta di anticco caffe spinatto, ini harus banget cobain karena canoli asalnya dari palermo, very recommended, kami sih suka banget dessert yummie sore2 sambil ngopi2 cantik di pinggir jalan
  2. Via Vittorio emanuelle – di sepanjang jalanan ini banyak banget restaurant, kalo kalian bingung mau makan dimana, cari aja yang paling rame. Itu salah satu tips kami memilih restaurant hehehehe….
  3. Vino & co – namanya belum ke Italy kalo belum coba anggur Italy ya kan?! Toko wine ini very recommended untuk di kunjungi.
  4. Vucciria market – ini salah satu pasar yang cukup ok di Palermo, buka dari jam 8 pagi, dan kami enjoy breakfast banget disini, banyak banget makanan yang menggoda iman, beli oleh2 pun hatganya lebih murah disini.

Naples – kalian tau ga sih, naples atau Napoli ini adalah kota asal pizza, jadi kalian harus banget cobain pizza kalo berkunjung kemari, terutama pizza napoletana.

 

Need to know

P1010800

  1. Sunset pas summer di Italy, rata2 jam 9 malem baru sunset, dan orang baru mulai dinner, jadi kami punya waktu lebih panjang untuk sightseeing.
  2. Bus dari roma termini (central rome) ke airport fiumicio 49 menit
  3. Kalo gosipnya banyak mafia2 italy dan menyeramkan terutama di sicily, waktu kami kesana itu tidak terbukti sama sekali.

Semoga informasi diatas membantu.. :*

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s