Cherry blossoms in Japan

Hai, Kali ini gw kan share itinerary kami yang paling sering banget orang minta, JEPANG! Kami sudah 2 kali ke jepang dengan 2 musim yang berbeda Sakura blossom (spring) dan Momiji (autumn), dua-duanya luar biasa menurut gw, tapi kali ini gw akan membahas sakura blossom terlebih dahulu. Kami spend 2 minggu di jepang, kali ini kami explore alpine route ( Tokyo – Nikko – Nagano – Takayama – Shirakawago – Mt. Fuji – Ibaraki ). Here we go..

 

How to get there

Kami terbang bersama Garuda Indonesia, direct Jakarta to haneda (sekitar 8 jam). So far, kami punya experience yang baik dengan maskapai ini, penerbangan kami waktu itu on time, makanan in flight melimpah dan sudah pasti cocok dengan lidah kami yang indonesiana, dan yang terpenting kami selalu merasa seperti dirumah sendiri kalo terbang bersama Garuda Indonesia.

 

Where to go

Karena ini bukan pertama kali kami ke jepang, jadi untuk di Tokyo kami benar2 menghabiskan waktu untuk santai mencoba makanan yang lagi hips disana dan belanja. Total perjalanan kami kali ini menghabiskan 3 malam di Tokyo (sudah termasuk one day trip ke nikko), 1 malam di nagano, 3 malam di takayama, 3 malam di mt. fuji, dan 3 malam lagi balik di Tokyo (sudah termasuk one day trip ke ibaraki)

Tokyo & Ibaraki

  1. Omotesando shopping street, Shibuya, Harajuku, Ginza – banyak banget store lucu di kawasan ini, Gw akan bahas lebih detail di blog post gw berikutnya.
  2. Koishikawa Korakuen – tempat ini bagus banget untuk spot foto kalo pas cherry blossom.
  3. Ueno market – pasar ini worth to visit banget karena banyak cemilan-cemilan enak.

    DSC05982

    – Morning stroll in Ueno –

  4. Issey miyake exhibition at national art center – exhibition ini benar-benar menginspirasi and worth to visit.
  5. Ghibli museum – setelah 2x mencoba untuk beli tiket ghibli akhirnya kali ini kami dapet juga. Karena untuk masuk ghibli kuotanya dibatasi per 2 jam. Cara belinya lewat mesin di Lawson, kami beli begitu kami tiba di jepang, untuk pergi diakhir trip kami pas kembali ke Tokyo. Kalau kalian penggemar film-film karya miyazaki, gw sangat menyarankan untuk pergi kemari.
  6. Hitachi seaside park at Ibaraki – kalian bisa mengunjungi tempat ini 1 harian (pp dari Tokyo) karena tempat ini garden yang cukup luas, dan yang perlu kalian perhatikan adalah tanaman pas spring dan autumn berbeda, spring (akhir april sampai pertengahan mei) akan berwarna biru (blue nemophila) sedangkan waktu autumn (awal sampai pertengahan oktober) akan berwarna merah (red kokia). Untuk ke ibaraki dari Tokyo sekitar 2 jam, waktu itu kami naik JR joban line train dari Tokyo station 2270 yen one way (sekitar 300,000 idr) setelah itu naik direct bus ke park selama 15 menit harganya 400 yen (sekitar 50,000 idr) ada setiap 20-30 menit sekali. (Harga tiket masuknya 410 yen (sekitar 50,000 idr), buka dari jam 9-17.00 (mulai 1 maret – 20 july) atau kalian bisa cek jadwal lengkapnya disini. DSC08551

    DSC08604

    – Blue Nemophilia at Hitachi Seaside Park – 

 

Nikko

Nikko adalah sebuah kota kecil yang berjarak 2 jam dari Tokyo dengan menggunakan train. Beruntung sekali waktu kami kemari, lagi ada festival di nikko, kami bisa melihat pawai dan kebudayaan mereka.

DSC06165

– Spring festival at Nikko –

  1. Shinkyo Bridge – nah bridge ini adalah salah satu icon-nya nikko, kalian harus berkunjung kesana kalo ke nikko.

    DSC06176

    – Shinkyo Bridge –

  2. Toshogu shrine – salah satu kuil terbesar di nikko.

    DSC06287

    – Toshogu shrine –

  3. Kanmangafuchi Abyss – perjalanan dari center ke shrine ada patung2 ini.

 

Nagano

Seperti halnya nikko, nagano juga kota kecil yang konon katanya tempat ninja berasal.

  1. Zenkoji temple – temple ini dibangun sejak abad ke 7, buka dari jam 9 pagi – 4 sore. Harga tiket masuknya 500yen (sekitar 65,000 idr).

    DSC06685

    – In front of a house in a way to Zenkoji Temple –

  2. Togakushi Shrine – shrine ini ada 2, lower shrine dan upper shrine, waktu itu kami pergi ke upper shrine, tiket masuknya free, dan open setiap waktu (perlu diingat kalo udah malam ga ada lampu). Pohon cryptomeria yang sudah berumur 800 tahun tumbuh di sepanjang jalan menuju upper shrine. Untuk menuju kemari waktu itu kami naik bus no 70 atau 71 dari nagano station lgs ke togakushi. Kami membeli round trip pass untuk ke upper shrine. Bus nya datang setiap jam harga round trip tiket bus 2250 yen (sekitar 260,000 idr).

    DSC06453

    – Cryptomeria trees along the way to Togakushi Shrine –

  3. Ninja Village – satu kawasan dengan togakushi, too bad karena kami tiba disana kesorean, theme parknya tutup 16.30.

    DSC06757

    – Japanesse Couple in their wedding day –

 

Takayama (& shirakawago)

Kota inipun bukan termasuk kota besar, sebenarnya 1 hari cukup untuk mengelilingi kota ini, Dan perlu diperhatikan kalo kota-kota kecil di Jepang itu tidak begitu mudah aksesnya. Transportasi yang paling gw suggest dari Nagano ke takayama adalah by bus, dan bus paling akhir jam 5 sore. Waktu itu kami telat nyampe di bus station dan harus catch up train dalam hitungan menit (beberapa kali ganti train dan jarak tempuh lebih lama).

  1. Takayama old town – kalian bisa menikmati arsitektural jepang dari jaman Edo, yang sekarang telah berubah menjadi shopping street, tempat ini hanya terdiri dari 3 main street.

    DSC07196

    – a beautiful afternoon in Takayama –

  2. Hida no sato – tempat ini merupakan open air museum yang dibangun sejak jaman edo (abad 16-18). Kalian bisa menikmati rumah2, gambaran kehidupan dan pekerjaan pada jaman tersebut di museum ini. Buka dari jam 8.30-17.00. bisa by walk 20-30 menit dari takayama center, atau by bus sekitar 10 menit dari takayama bus center. Harga tiket mssuknya adult 700 yen (sekitar 80,000 idr) child 200 yen (sekitar 30,000).
  3. Shirakawago – kalian bisa liat rumah ala gasho zukuri di ogimachi village, dan shirakawago view point. Untuk kemari transportasi yang tersedia by bus, dari takayama bus center direct ke shirakawago harganya 4420 yen (sekitar 500,000) bus nya ada hampir setiap jam. Kalian bisa cek disini. 

    DSC07066

    – Beautiful scenery at Shirakawago –

 

Mt fuji

Since Gi suka banget Thomas, dan Thomas land adanya di fujikyu, destinasi ke kota ini jadi sesuatu yang wajib, plus setiap spring di sini selalu ada shibazakura festival yang ga boleh terlewatkan.

DSC08331

– Lake kawaguchiko and Mt fuji view from our hotel room –

  1. Fuji Shibazakura festival – Kalo kalian berencana kemari, kalian benar-benar harus memperhatikan kapan festival ini dibuka, untuk tahun ini shibazakura mulai dibuka dari sabtu 14 april 2018 sampai minggu 27 mei 2018 buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Kalo menurut gw best timenya sebenarnya di bulan mei, karena kalo april biasanya bunganya belum mekar semua, waktu kami kesana di akhir april bunganya baru mekar sekitar 70%. Untuk pergi kesana, kami naik bus (yang hanya ada waktu shibazakura festival) dari kawaguchiko station ambil bus shibazakura liner (sekitar 30 menit perjalanan) dan busnya ada setiap setengah jam sekali dari 7.50 sampai 15.30. harga bus return plus entrance untuk adult 2000 yen (sekitar 240,000 idr) untuk child 1000 yen (sekitar 140,000 idr). Kalian bisa cek disini untuk timetable busnya. DSC07666

    DSC07704

    – Shibazakura festival –

  2. Thomas Land at Fujiq – ini adalah rute wajib bersama Gi, hanya berjarak 2 station dari kawaguchiko station langsung stop di depan entrance fujiq, buka dari jam 9-5 sore, harga tiket untuk entrancenya saja 1500 untuk adult (sekitar 175,000idr) dan 900 untuk child (sekitar 100,000 idr) next time gw akan bahas secara detail theme park ini. Kalian tentunya bisa skip kalo ngga suka main ke theme park.
  3. Kawaguchiko music forest – tempat ini adalah museum alat music, untuk menuju kesana bisa menggunakan retro bus line dan stop di ukai orgel no mori, buka dari jam 9-17.30 (last admission jam 5 sore) harga tiket masuknya 1500 yen (sekitar 175,000 idr).

    DSC08389

    – Kawaguchiko music forest –

 

Where to stay

Tokyo – Claska Hotel Tokyo, aksesnya agak susah karena kalo naik train perlu transfer bus lagi, tapi hotelnya stylish banget, waktu itu kami ambil yang tatami style gitu, kamarnya cukup luas dan sangat nyaman. Atau di Graphynezu hotel Tokyo, ueno. hotel ini aksesnya lebih mudah karena dekat ueno train station, walaupun kamarnya kecil banget, kamar mandinya juga minimalis, tapi jangan pernah kuatir kotor kalo di jepang hotel kaya gimanapun pasti bersih, dan kami belum pernah nemu yang kotor di jepang.

Nagano – Hotel Sunroute Nagano dekat banget dengan train station, kamarnya cukup besar, old style, kamarnya cukup ok.

Takayama – Hida hanasatonoyu ouan – hotel ini deket banget sama train station, bener-bener kedengeran terus suara kereta dari kamar kami, kamarnya Japanese style, bersih, dan yang paling enak compliment khas jepangnya yang di refill setiap hari.

Fuji – Hotel new century, ini juga kamar ala doraemon, cukup luas dengan view kawaguchi lake dan mt. Fuji.

 

Where to eat & shop

Gw akan membahas lebih jauh tentang apa yang perlu kalian coba di jepang di blog post gw selanjutnya.

 

Need to know

DSC06738

  1. During spring in japan, sering banget hujan, siap2 bawa payung lipet di tas akan lebih baik, kalo kalian berencana naik transportasi umum kemana-mana.
  2. Jangan lupa cek cherry blossom forecast sebelum beli tiket pesawat, tahun 2018 ini cherry blossom mulai dari 31 maret sampai 8 april 2018, atau kalian bisa cek disini untuk tau forecast di setiap kota.
  3. Takayama ke mt fuji kalo dengan train harus pindah beberapa kali dan susah, ada direct bus dari takayama bus center direct ke kawaguchiko station, ini waktunya limited, (kalo ga salah cuma ada 1hari sekali, kalian better cek dulu kalo mau mt fuji pas kalian tiba di takayama. Waktu itu hanya kami yang ada di bus itu :D)
  4. Tarik ATM di seven eleven selalu dimanapun rate paling murah dibanding money changer
  5. Berbeda dengan Negara lain, tax refund di jepang tidak harus dilakukan di airport, pembelian diatas 50,000 yen bisa langsung tax refund di toko, nah yang kalian harus lakukan di airport adalah mengembalikan kertas-kertas tax refund yang dijepret di paspor kalian sebelum imigrasi.

 

Finally,

Thanks for reading this long itinerary! kissessss

 

One thought on “Cherry blossoms in Japan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s