A memorable stay at Sumba Hospitality Foundation

Awal bulan ini, kami menyempatkan diri berkunjung ke Sumba karena pengen banget lihat Pasola, yaitu acara adat khas sumba barat dimana masing2 suku saling melempar lembing / tombak sambil berkuda. Pasola berlangsung setahun sekali, antara bulan februari – maret, biasanya akan diumumkan di bulan januari oleh kepala adat. Ada beberapa pasola di minggu tersebut, tapi kami hanya berkesempatan melihat 1 pasola. Kali ini kami stay selama 4 hari 3 malam di Sumba Hospitality Foundation.

IMG_3955

– Pasola –

 

Why Sumba Hospitality Foundation

As we know, hotel di sumba ngga banyak pilihannya. Seperti yang pernah gw bahas di post sumba sebelumnya, Kami sulit menemukan hotel yang bersih (standard bersih nasional deh paling ngga) di sumba. Dan setelah browsing-browsing akhirnya kami memutuskan mencoba menginap di Sumba Hospitality Foundation, karena dekat dengan airport, kamarnya unik banget dari bamboo semua, Plus sebenarnya mereka sekolah perhotelan yang bersifat social. Tambah penasaran deh pengen coba menginap disana. Dan ternyata 101% bersih, very recommended! Sangat puwasssss!

IMG_4179

– In front of reception room –

 

How To Get There

Kali ini kami terbang dari tambolaka airport, ada 3 flight setiap harinya di tambolaka, kami naik Garuda Indonesia via Bali. Hotel menyediakan penjemputan bandara dengan additional charge 150,000 idr. Kalian harus inform hotel in advance kalo memang butuh airport transfer. Waktu tempuh dari hotel ke airport sekitar 20 menit.

 

Facilities, Breakfast and Restaurant

  1. Campus Tour – mereka punya 1 multifunction room, dan 1 classroom, mereka juga menyediakan campus tour kalo kalian berminat untuk tau lebih jauh kegiatan apa yang mereka lakukan.

    IMG_4180

    – Sumba Hospitality Classroom –

  2. Permaculture farm – mereka juga punya farm yang cukup luas untuk ditanami berbagai macam sayur dan buah-buahan, jadi bahan-bahan yang dibutuhkan restaurant diambil dari farm mereka sendiri. Juga ada tempat pengolahan sampah menjadi pupuk kompos. Menarik banget sih ide eco living ini buat gw.
    IMG_4182

    – Farm –

    IMG_4183

    – Compost Site –

  3. Breakfast & Restaurant – mereka punya 1 restaurant yang serving breakfast dari jam 7.30 sampai 9.00 pagi (harga hotel sudah termasuk breakfast untuk 2 orang), lunch dari jam 12.30 -14.45 dan dinner dari jam 7.30 – 8.45. As our experience, pelayanannya luar biasa, karena hari pertama kami mau berangkat pagi untuk lihat upacara nyale, kami minta breakfastnya dibungkus,yang membuat kami takjub adalah selain jam 7 makanan kami sudah siap, nasi goreng yang kami bawa dibungkus dengan bahan degradable bahkan sendoknya juga, jadi tempat plastic itu bisa daur ulang sendiri setelah dibuang. Mereka punya 3 menu pilihan internasional dan 3 menu pilihan Indonesian food for breakfast, plus sepiring buah-buahan dan banana bread (banana breadnya enak banget guys!). dan sebaiknya kalian booking dulu sehari sebelumnya kalo memang berencana lunch atau dinner disana.

 

In Room

The maringi hotel at Sumba Hotel Foundation ini ada 5 kamar, sebenernya lebih tepat disebut 5 pavilion, karena kamar satu dan yang lainnya ngga nempel. Konsep kamarnya eco living, semua dari bamboo, buat kami ini unik banget, karena belum pernah merasakan tinggal di kamar yang full bamboo, cukup luas, ada AC, kamar mandinya outdoor lengkap dengan sabun shampoo dan conditioner, ada air panas nya juga. Tapi kalo sikat gigi odol sisir kalian harus bawa sendiri yah. Kami cukup betah tinggal disini. So far 3x ke sumba, menurut kami ini hotel terbersih. Tidak ada tv di kamar, tapi di langit bintangnya magical, kami ga pernah temukan langit malam seperti itu di Jakarta. 5 kamar hotel ini dibangun dengan tujuan untuk didonasikan kembali untuk keperluan sekolah, karena mereka tidak memungut biaya untuk setiap siswa yang belajar disana dan juga sarana untuk belajar para murid-murid. Sumba Hospitality Foundation juga terbuka untuk donasi, beberapa pilihannya antara lain $5 untuk 1 kantong benih, $15 untuk keperluan taman, $25 untuk kebutuhan sekolah, $40 untuk keperluan obat-obatan, $50 untuk seragam sekolah, $150 untuk 1 pohon, $250 untuk support internship. Atau kalian bisa klik di link ini untuk info lebih lanjut.

IMG_4184

– Our room –

IMG_4185

– Our bedroom –

IMG_4186

– Open air Bathroom –

ACS_0001

– Beach near our hotel –

 

Daaannn.. Jangan lupa tonton vlog perjalanan kami ke sumba kemarin di http://bit.do/pasolashf

Thanks for reading!

One thought on “A memorable stay at Sumba Hospitality Foundation

  1. Rizal says:

    Jujur gw tertarik ke sumba karna liat blog mas glenn. Gw tertarik dengan nuansa adatnya seperti yg diterapkan di hotel maringi. Disitu cocok buat explore suasana adat dengan poto2. Terima kasih mas glenn..
    #oleholehhimalayas

    Instagram profile: @rizalbamumin

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s