Oberammergau, Germany

Spring 2015

Kota ini merupakan salah satu kota kecil di Bavarian alps, Jerman selatan. Terkenal banget dengan passion play-nya Passion of the Christ. Kenapa kami memutuskan mengunjungi kota ini? Karena tembok rumah di seluruh kota ini di fresco painting, plus background pemandangannya salju gunung alpen. Kebayang kan betapa cantiknya kota ini.

DSC02960

– at bus stop –

 

How to get there

Untuk pergi ke oberammergau, kami naik bahn train from paris to munich, dari munich sebenarnya ada train ke Oberammergau, tapi karena waktu itu kami kesorean dan train sudah jarang plus bawa2 koper dan stroller pula, jadilah kami naik taxi (plus dibagi 4 orang juga waktu itu ternyata jatohnya ga terlalu mahal). Dari munich ke Oberammergau by car sekitar 1 jam 10 menit, by train 2 jam 50 menit.

DSC02970

– Strolling around the city –

 

Where to go

Actually, kota ini kecil banget, jam 6 sore kebanyakan toko-toko sudah tutup, 2 malam disini cukup banget (waktu itu kami sampai sore, lalu besokannya seharian jalan2 keliling kota dan hari selanjutnya pagi-pagi naik train ke munich).

  1. Linderhof palace – interior palace ini benar-benar memukau, ukir-ukiran pada dindingnya sangat detail. Dulu raja Ludwig II konon menghabiskan hidupnya disini. Berangkat dari Oberammergau, ada fernbus direct ke linderhof tiketnya 1,7 euro (sekitar 29,000 idr) kalian bisa cek timetablenya disini. Sedangkan untuk opening hournya, palace ini buka dari jam 9-6 during summer, dan 10-4.30 during winter. Harga tiket masuknya 8.5 euro (sekitar 145,000 idr).

    IMG_2261

    – In front of a pond in Linderhof –

  2. Neuschwanstein castle – castle ini dibangun oleh raja ludwing II juga yang terkenal dengan julukan fairy tale king (bangunan castlenya memang dogeng banget sih bentuknya). Kalo berangkat dari Oberammergau ada direct bus 50 menit sebaiknya pergi pagi2 untuk menghindari antrian panjang, harga busnya 4.99 Euro (sekitar 85,000 idr). Untuk opening hour castle ini summer dari jam 7.30-5 sore, winter 8.30-3 sore. Kalian harus reservasi tiket online sebelum kemari otherwise, kalian hanya bisa beli di hohenschwangau. Untuk reservasi online harganya 1.80 euro (sekitar 30,000 idr) harus reservasi 2 hari sebelum waktu kunjungan sebelum jam 3 sore hari tersebut. Kalian bisa reserrvasi online disini.   DSC03028

    – City Scenery –

  3. The city itself – di kota ini banyak rumah2 yang terkenal seperti Pilatus house (menjual berbagai art and craft), Hansel and Gretel house, red riding hood house, dan lainnya.

    DSC02954

    – Oberammergau’s houses –

 

Where to stay

Kami tinggal di ensianhof guest house, satu rumah ada beberapa kamar, dan ada ruangan bawah untuk breakfast, rumahnya bersih, kamarnya cukup ok, breakfastnya terasa homemade banget. Dan ownernya very helpful ditanya2in berbagai macam pertanyaan turis. Kalo mau pesan taxi dll bisa minta ownernya untuk telponin juga 😀

DSC02906

– Our neighbour –

 

Where to eat

  1. ammergauer stub’n – makanan khas Bavarian yang harus kamu coba disini adalah maultaschen (daging dan ravioli) tapi menurut sumber yang kami dapat katanya ini udah ga beroperasi lagi. untungnya dulu kami masih sempat mencoba.
  2. Schnitzel, bratwurst tentunya tidak boleh terlewatkan jadi menu yang harus kamu coba.

 

Need to know

  1. Beberapa teman kami menyebut Oberammergau dengan Christmas city, karena salju turun hampir all year long, waktu kesana bulan april, saljunya masih tebal. Jadi siapkan coat kalian, jika berencana berkunjung kemari.
  2. Toko- toko dan restaurant rata-rata tutup jam 6 sore.
  3. Kota ini kecil, bisa dikelilingi dengan berjalan kaki. Dan penduduknya umumnya tua-tua, jadi jarang banget liat balita disini, that’s why kami sulit menemukan play park.

    DSC03101

    – No play park, no worries, snow it was –

 

Happy Travelling!

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s