UK visa

Hai! Kesempatan kali ini gw akan mengulas tentang how to apply UK visa. Inipun kami isi online form, dan apply sendiri ke VFS di kuningan city. So far, selama sejarah apply visa dalam hidup kami, ini cukup rempong, karena pertanyaannya banyak banget serasa ujian tiada akhir, dan dokumen yang dimintapun cukup banyak. Sampai beberapa teman kami menyerah dan apply lewat agent 😀 . Oh ya, UK visa ini hanya bisa dipakai di england, wales, scotland dan nothern ireland aja yah, jadi ireland tidak termasuk, kalian harus apply visa lagi kalo mau ke ireland. Daaannnn…. mulai April 2017 katanya sih bisa scan semua dokumen, jadi ga perlu print dan fotocopy, tapi waktu pa kami apply, belum bisa scan dokumen, plus tetap harus hadir ke vfs karena harus ambil biometric.

Dokumen yang diperlukan

  1. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan dan paspor lama (kalo ada).
  2. Foto 3,5 x 4,5 latar belakang putih zoom 70%. Waktu kami apply, foto ini dikembalikan karena difoto di vfs pas ambil biometric.
  3. Surat sponsor dari kantor.
  4. Bukti pembelian tilet pp dan hotel.
  5. Surat referensi bank dengan legalisir.
  6. Bukti keuangan 6 bulan terakhir.
  7. Travel insurance.
  8. Fotocopy KTP, KK, Surat nikah dan Akte lahir.
  9. Visa aplikasi permohonan online.
  10. Untuk dibawa ke VFS – print out appointment confirmation (harus appointment online dulu sebelum submit aplikasinya).
  11. Tuberculosis certificate untuk applicant yang berencana stay di UK lebih dari 6 bulan.
  12. Signed letter of consent yang ditandatangani kedua orang tua atau guardian untuk anak dibawah 18 tahun.

FYI, semua dokumen HARUS berbahasa inggris, kalo dokumen seperti KTP, KK dll tidak ada translate-nya kalian harus sertakan fotocopy dokumen asli berikut yang sudah di translate ke bahasa inggris dengan sworn translator.

How to Submit, Fees, and Processing time

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk submit aplikasinya:

  1. Register new account – buat account baru di visa4uk .  kalian bisa apply untuk diri sendiri dan untuk orang lain. dan account ini bisa di save lalu kembali lagi untuk melanjutkan kolom pertanyaan yang ada sampai 90 hari kedepan.
  2. Create application – Setelah sukses membuat account, kalian pilih create application / go to application. ada 7 bab pertanyaan yang harus kalian lengkapi passport and travel information, personal detail and travel history, family details, employment and income, family and friends in uk, medical treatment dan additional informations. Waktu itu gw perlu berhari-hari buat melengkapi semua pertanyaan ini, karena isiin buat 3 orang kan. lumayan mabok pertanyaannya, plus kalo menurut gw enakan isi di laptop daripada di smartphone.
  3. Sign declaration and submit – Setelah data2 terisi lengkap, kalian harus sign declaration (bisa diisi dengan mengetik nama kalian).
  4. Select appointment date and time – setelah menandatangani deklarasi, kalian harus membuat janji temu dengan vfs di kuningan city jakarta, surabaya atau bali dengan cara mengklik tanggal dan jam yang tersedia, waktu itu pas kami pilih tanggal, tersedia tanggal 3 -4 hari kedepan baru ada yang kosong.
  5. Pay your visa fee – langkah selanjutnya adalah kalian akan diminta membayar applikasi yang sudah di submit. Bisa menggunakan Credit card biayanya sebesar 113USD per person (sekitar 1,6 juta rupiah) dengan layanan standard, untuk waktu proses yang lebih cepat kalian bisa ambil layanan premium dengan biaya sekitar 2x lipat lebih mahal.
  6. Print your application and supporting document – setelah membayar, selesai deh! kalian tinggal print aplikasi yang sudah kalian submit secara online (akan diemail ke email kalian dalam bentuk pdf), print juga surat janji temu dengan barcode (ini pun diemail ke email yang sudah kalian daftarkan) dan dokumen lainnya (yang sudah disebutkan diatas)
  7. Processing time – Langkah selanjutnya adalah kalian perlu datang ke vfs global, waktu itu kami datang ke vfs global jakarta di kuningan city lt 2, Jl. prof Dr Satrio kav 18, jakarta sesuai janji temu yang telah kalian pilih. kalain cuma akan diminta bayar biaya tambahan saja kalo mau pakai fasilitas layanan seperti sms dsb. kalo menurut web resmi processing timenya bisa kalian lihat disini. menurut vfs paling lama 15 hari kerja. dan yak kami dapet visa kami kembali 6 hari kerja saja!
  8. Collecting time – Untuk pengambilan visa bisa diwakilkan dengan menyertakan surat kuasa dan fotocopi KTP, waktu pengambilan adalah hari kerja senin sampai jumat jam 12 – 5 sore.

Happy holiday!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s