How to apply Canada visa for Indonesia citizen

Hola! Akhirnya balik lagi nulis blog, setelah liburan lebaran kemarin ikutan libur nulis. Jadi gimana liburannya? Kalo kami, liburan selalu terasa kurang. Oya, sebelumnya, ijinin kami mengucapkan selamat buat Vindy Cloudia Anddie yang sudah memenangkan #oleholehcanada dari #theprasetyastrip. Buat yang kelewatan, kami akan selalu bawain oleh2 setiap kami traveling, next time jangan sampai kelewatan lagi yah. Ok, mumpung masih fresh, kali ini gw akan membahas how to apply canada visa for indonesia citizen.

Sebenernya, apply visa canada gampang banget, bisa apply online, tanpa harus datang ke kedutaan/vfs global. Mereka tidak membutuhkan sidik jari. Submitnya juga bisa lewat kurir dengan menyertakan surat kuasa.

Dokumen yang diperlukan

Penting untuk menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan sebelum kalian apply online, karena dokumen2 tersebut dapat langsung kalian scan dan upload, tanpa harus menyertakan hard copy lagi (dokumen yang dibutuhkan mungkin sedikit berbeda tergantung family visa atau single).

  1. Scan halaman depan paspor yang masih berlaku 6 bulan sebelum tanggal kadarluarsa dan semua halaman visa yang ada stamps-nya.
  2. Scan halaman depan paspor yang sudah expired 10 tahun terakhir dan semua stampsnya (kalau ada).
  3. Family member representative online form dan ditandatangani (diperlukan kalau berencana traveling dan apply visa sekaligus dengan keluarga, formnya bisa di download – nama form imm5713e ).
  4. Family information form dan ditandatangani (formnya juga bisa di download – nama formnya imm5707e).
  5. Application form (form bisa di download – form imm5257e)
  6. Financial support: keterangan kerja, slip gaji, bank statement 4 bulan terakhir (atau bank draft in convertible currency).
  7. Surat nikah dan tranlatenya (kalau ada).
  8. kartu keluarga dan translatenya (kalau ada).
  9. Pas foto HARUS 3.5×4.5 cm dari kepala sampai atas bahu saja. size kepala 3.1 samapai 3.6 cm (chin to crown). Dpi yang di upload at least 420×450. resolusi minimum 600 pixel per inch.
  10. Flight tickets dan hotel digabung jadi 1 pdf.
  11. Surat sponsor (kalo ada).

Langkah-langkah yang perlu kalian ikuti

  1. Buat account di website resmi goverment of canada, ada 2 cara bisa dengan sign in partner bisa juga dengan GCKey login, pilih dengan GCkey login, kalian bisa ikuti link ini.
  2. Setelah kalian sukses membuat account baru (account bisa log in log out dan di save, lalu lanjutkan lagi setelah data kalian lengkap), kalian akan diminta untuk mengisi beberapa pertanyaan apakah kalian eligible untuk apply visa canada.
  3. Setelah melengkapi no 2, kalian akan diminta untuk meng-upload semua dokumen yang dibutuhkan seperti yang sudah disebutkan diatas dalam bentuk jpg atau pdf.
  4. Ada beberapa form yang perlu kalian download, dalam bentuk acrobat reader, seperti application form, family information, dan family representative. Kemarin kami kesulitan untuk mendownload form-form tersebut, karena kendala acrobat reader, kalo kalian juga gabisa download sama seperti kami, kalian bisa coba klik kanan, save as di komputer kalian, baru nanti kalian buka dengan acrobat reader versi kalian.
  5. Untuk form yang sudah kalian isi lengkap, jangan lupa untuk application form, kalian harus validate (ada di paling atas form) dan tidak perlu ditandatangani lagi. Untuk form lainnya, kalian perlu memberikan tanda tangan digital, kemarin kami menggunakan adobe sign.
  6. Setelah dokumen lengkap, dan upload dokumen, kalian akan diminta membayar biaya aplikasi visa sebesar 100 CAD (sekitar 1,1 juta rupiah). Pembayaran hanya bisa dilakukan dengan transaksi online (contohnya seperti menggunakan kartu berlogo visa, master dll).
  7. Setelah proses pembayaran selesai, dalam waktu 1×24 jam akan diemail (pesan yang diemail adalah pesan yang sama yang masuk di bagian messages account GCKey kalian) bahwa aplikasi anda sedang diproses, dan dalam waktu kurang lebih 2 hari akan diemail kembali, kalo kalian butuh submit paspor kalian ke vfs global (this is the only way). Kami submit ke vfs global canada di Kuningan city, Jl. Prof DR Satrio no 18, Jakarta. Senin sampai jumat jam kerja 9-5.
  8. Untuk mensubmit paspor, kalian butuh mendownload dan print surat referensi dengan no referensi dari goverment canada yang menyatakan memang mereka minta kita submit paspor, consent form dari vfs yang ditandatangani. Dan kalian harus bikin surat kuasa jika menggunakan kurir untuk antar dan ambil.
  9. Biaya vfs sebesar 223,000 IDR, biaya kalo kalian tambah layanan sms untuk update visa kalian ada biaya tambahan sebesar 30,000 IDR. Setelah itu kalian tinggal menunggu 3-5 hari kerja, dan kalian akan dikabari bahwa kalian sudah dapat mengambil visa kalian di vfs di senin- jumat di jam kerja.
  10. Visa ditangan dan siap liburan! Yeay!!

2 thoughts on “How to apply Canada visa for Indonesia citizen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s