Where to go with kids in Singapore

Weekend kemarin kami menyempatkan untuk melepas penat rutinitas ibukota dengan stay 2 malam di singapore, sekalian ajak Gi bermain-main sambil belajar disana. Nah, kali ini gw akan coba share tempat apa aja sih yang kalian bisa kunjungi dengan anak di singapore dan pastinya dengan budget sangat terjangkau.

  1. Jacob Ballas Children’s Garden – Taman ini very recomended untuk dikunjungi. Terletak di dalam Singapore botanic garden di bukit timah, kalo kalian naik MRT bisa turun langsung di botanic garden. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam, hari senin tutup. Tiket masuknya FREE guys! Taman ini punya 8 area yang bisa di explore; Play, Grow, Explore, Learn, Farm, Orchard, Stream and Forest. Dari 8 area ini Gi paling suka main pasir di area playground, main air, maze, rumah pohon di area explore, dan adventure play di area forest. Kalo ditanya berapa jam waktu yang cukup untuk main disini, kemarin sih kami sekitar 3 jam sampai tamannya tutup dan belum puas main semua. Oiya, di dekat entrance Jacob Ballas ini juga ada satu screen besar jadi kalian bisa foto, lalu foto kalian di sweep ke layar berikut dan bisa main tanam pohon, bisa disiramin, dikasi sunlight, dll. Seru!

    0408-2018-0831380958545633

    – A warm afternoon at Jacob Ballas Children’s Garden –

  2. Into the wild – Kalau ini indoor activity, terletak di Art and science museum, di Marina baysands, Bayfront Ave. By MRT, kalian bisa turun di marina bay station atau bayfront station. Museum ini buka setiap hari dari jam 10-7 malam, Ini juga FREE guys! kalian hanya akan diminta mengisi data, lalu akan dipinjamkan device-nya, dan kalian bisa mulai jalan mengelilingi ruangan sambil mengikuti jejaknya, Gi sih suka banget, karena experience baru buat dia, nah nanti di lantai 4 setelah selesai bertualang dengan device tsb, akan diminta menanam plant, lalu bisa di capture, dan fotonya bisa dikirimkan ke email masing2. Setelah itu juga bisa nonton tentang rainforest yang hampir punah, terutama hutan di Indonesia yang berkurang sebesar 3x lapangan bola setiap tahunnya. Interesting kan?! main sambil belajar dan aware akan lingkungan.

    2907-2018-10472480188796707

    – Into the Wild wall of imagination –

  3. Future World – Exhibition ini juga terletak di Art and Science museum. Di museum ini, selalu ada beberapa exhibition yang bisa kalian saksikan. Tiketnya 16 SGD untuk dewasa (sekitar 160,000 IDR) dan child 2-12 tahun 12 SGD (sekitar 120,000 IDR). Di future world where art meets science ini, hampir keseluruhan dari tempat ini merupakan video mapping, ada perosotan, main bola2, mewarnai, dll. Dan sebenarnya yang serupa dengan ini sudah mulai banyak yah di Jakarta.

    2907-2018-10462478828086500

    – Future World –

  4. Woods in the books bookstore – Buat penggemar buku seperti kami, toko buku khusus buku anak2 ini wajib dikunjungi, karena buku yang mereka jual cukup unik, kami jarang menemukan buku serupa di toko buku lainnya. Dekorasi toko ini juga unik, harganya bervariasi, kebanyakan imported books. Toko buku ini terletak di yong siak street, kalo by MRT, kalian bisa turun di Tiong bahru. Untuk opening hournya kalian bisa cek disini.0408-2018-0830380223603186
  5. Eat play love cafe – Nah untuk makan siang kalian bisa mampir ke daerah aliwal art center, di restaurant ini kalian bisa bikin art and craft sambil makan. Untuk art and craftnya kalian cukup bayar 5 SGD (sekitar 50,000 IDR) nanti akan diberi kertas, gunting selotip, lem dan 1 pack bahan-bahan, lalu untuk bahan2 lainnya kalian bisa ambil sepuasnya di tempat yang sudah disediakan, sebenernya gw agak ga ngerti yah ini bayar atau ngga harusnya, karena Gi ambil2 aja gitu dan ga di charge lagi sih :p. restaurant ini buka jam 11-9 malam, hari selasa tutup.

    0908-2018-103818616891628623

    – Eat play love cafe –

  6. Toys R us – Karena Gi udah good selama 2 hari seharian jalan, bangun subuh-subuh, naik turun bus dan MRT, panas2an, ujan-ujanan, telat makan, makan apa aja mau, dan anak ini cukup cooperative, hari terakhir kami memperbolehkan Gi beli 1 buah mainan as a reward. Outlet Toys R Us di singapore cukup banyak, kalian bisa googling dimana yang terdekat dekat kalian, Kenapa kami pilih ke Toys R Us dibanding toko mainan lainnya? karena toko ini punya varian mainan yang cukup lengkap. Sedikit tips kalo bawa anak ke toko mainan; biasanya Gi bakal kalap dan bingung, semua kepengen; Untuk menghindari merengek2 karena mau semuanya, biasanya kami bilangin dan kasih rules dulu sebelum pergi. Misalnya diberitahu alasan kenapa kami membelikan dia mainan, dan karena mami bukan genie or santa claus, hanya boleh pilih 1 mainan saja, juga harganya tidak boleh lebih dari sekian karena kami hanya punya budget sekian untuk beli mainan (alhasil dia tanya terus ini mahal atau murah? :D).
  7. The Lion King Musical – Kalau kalian into theatrical, suka film-film disney. so this one really recommended, Gi berhasil nyimak terus selama 2×70 menit. Padahal sebelumnya nonton alladin the musical dia bosen. Mungkin kalo kalian berencana nonton ini dengan anak, sebaiknya kalian kasih liat teasernya dulu kira-kira mereka bakal suka ngga. Lion king hanya akan tayang sampai 23 september 2018 di sands theater, marina bay sands.  Untuk tiket online bisa dibeli disini.

    2907-2018-10452478157402229

    – After the show –

 

Sebenarnya masih banyak sih yang kalian bisa explore bersama anak di singapore seperti national gallery, science center, universal studio, dan lain-lain. Tapi untuk 2 malam di singapore 7 hal diatas udah cukup padat, mengingat anak2 ga bisa cepet2 juga yah jalannya. Semoga bermanfaat! Btw, minggu depan gw bakal share tentang tempat menginap yang unik dengan environment berbeda di Singapore, Nantikan!! :*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s