Tips budgeting untuk traveling

Hai kali ini kami mau membagikan sedikit tips bagaimana sih menentukan budget traveling? Sebelumnya disclaimer dulu ya! Kami bukan expertise di bidang finance, kami juga masih banyak2 belajar, dan sangat senang kalo teman-teman juga punya masukan yang bisa membuat kami jadi lebih baik. Please feel free to share your comment below :D.

Kami coba share menurut pengalaman kami ya…

2 cara menentukan budget traveling

Berdasarkan yang kami tau, ada 2 cara untuk menyiapkan budget liburan, cara mana yang lebih cocok tergantung dengan kondisi kalian masing-masing:

  1. Menentukan budget berdasarkan DESTINASI – Nah untuk budgeting model ini, kalian menentukan budget berdasarkan destinasi jalan-jalan yang sudah kalian impi-impikan. Tentunya kalian harus tau dulu berapa jumlah nominal yang kalian butuhkan untuk pergi ke tempat tersebut. Misal : Tujuan wisata yang gw impi2kan adalah bali, nah kalian harus tau budget ke bali mulai dari flight ticket sampai makan per hari perlu berapa. Dan selalu set di high rate yah. Lalu ada 2 cara lagi yang bisa kalian lakukan yaitu membaginya. Yang pertama berdasarkan waktu (cth: ke bali perlu budget total 1,000,000 IDR, kalian menentukan waktu dalam 10 bulan lagi harus pergi ke bali. berarti satu bulannya kalian harus menabung sebesar 100,000 IDR yang bisa kalian ambil dari uang sisa kalian atau pemangkasan budget di tempat lainnya). Cara ini lebih cocok untuk orang-orang dengan tingkat kedisiplinan lebih rendah.  Atau dengan cara kedua, kalian juga bisa melakukannya tanpa mentarget waktu. (contoh : uang sisa gaji bulanan ada 50,000 per bulan, untuk dapat pergi ke bali seharga 1,000,000 berarti kalian harus menabung selama 20 bulan, dan karena lebih dari 1 tahun, sebaiknya kalian juga tambahkan inflasi tahunan yang bisa terjadi, anggap saja rata-rata tingkat inflasi di Indonesia 10%). Biar ngga pulang-pulang gigit jari karena over budget kan?
  2. Menentukan budget berdasarkan PRESENTASE SISA BUDGET – Jadi setelah kalian budgeting untuk keperluan primer kalian, tabungan-tabungan investasi dan hari tua, presentase sisa yang kalian miliki dijadikan budget untuk berlibur. (contoh : setelah budgeting untuk kebutuhan hidup, bisa disisihkan 5% untuk traveling, dari gaji 2,000,000 setiap bulannya disisihkan 5% atau sama dengan 100,000 setelah itu setelah 1 tahun terkumpul 1,200,000 baru kalian cari destinasi mana yang cukup untuk budget tersebut). Cara ini cocok buat orang-orang yang memprioritaskan liburan/rehat dari rutinias paling ngga 1 tahun sekali, dan destinasi bukan menjadi prioritas utama.

Nah 2 jenis budgeting diatas pernah kami coba lakukan. Yang pertama kami lakukan waktu mau menyiapkan dana untuk honeymoon, waktu itu kami punya santorini sebagai destinasi impian pas honeymoon, jadilah kami mulai menentukan waktu kapan mau honeymoon dan nominal berapa yang mau kami tabung. Karena dulu kami belum terlalu melihat liburan sesuatu yang harus diusahakan secara berkala. Sekarang kami menggunakan metode kedua, dimana kami berpikir liburan harus dengan sengaja diagendakan, ga masalah tujuannya kemana, yang penting kami bisa melepas penat agar tetap waras 😀

Hal yang harus kalian ketahui sebelum traveling dan budgeting

  1. Harga flight ticket pp.
  2. Harga hotel atau air bnb.
  3. Harga visa (kalau ada).
  4. Harga transportasi lokal disana.
  5. Harga meals disana.
  6. Harga tiket masuk objek wisata.
  7. kurs atau rate tukar rupiah.
  8. Travel insurance.

Tentunya kalian bisa selalu nyontek budget di #theprasetyastrip yahhh.. kedepannya kami akan selalu menambahkan section budgeting.

Beberapa tips yang perlu kalian ingat dalam menentukan budget

  1. Pastikan kalian enjoy buang uang untuk berlibur.
  2. Selalu set budget lebih tinggi dari estimasi seharusnya. anyway namanya kan budget yah. Kalo ngga habis bisa untuk akumulasi jalan-jalan selanjutnya.
  3. Again, namanya budget, jadi harus bisa disiplin tidak lebih dari budget yang ada. Kalo sampai lebih berarti harus puasa jalan-jalan dulu untuk beberapa waktu.
  4. Pergi beramai2 selalu akan lebih murah dibanding pergi sendiri. Pastinya budget hotel atau air bnb kalian bisa share, transportasi dan makanpun kalian bisa share dan coba lebih banyak kalau beramai2.

Sudah tahu mau berlibur kemana tahun ini?

2 thoughts on “Tips budgeting untuk traveling

  1. lisagita says:

    wah menarik banget cara menyisihkan budget untuk liburannya, dan metode ini cocok untuk aku yang masih kuliah dan kadang masih kurang disiplin menabung hehehe.. makasih banyak tips nya!

    Liked by 1 person

  2. lisagita says:

    semenjak masuk kuliah, aku jadi senang jalan-jalan kemana pun itu, dan tentunya harus pandai-pandai menabung dan mencari penghasilan sendiri. nah artikel tentang tips budgeting untuk liburan kali ini bisa banget membantu aku dalam menyusun liburanku ke depannya. Terimkaaasih! #theprasetyastrip #oleholehPeru

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s