Peru

Well, Hello! Rasanya seneng banget bisa kembali nulis blog setelah cukup hectic beberapa minggu yang lalu. Kali ini ku akan kupas tuntas Peru itinerary.

How to get there

Sebenarnya kalo liat map atau baca sejarah orang jaman purba yang mengarungi pasific ocean, Peru itu sejajar di sebelah kanan Indonesia, sayangnya tidak ada direct flight ke Peru. The best option to go to South america adalah lewat states atau auckland. Dan kalau kalian cari Jakarta/Bali – Peru flight, pasti kalian akan melakukan beberapa transit dan in total bisa memakan waktu sampai 2 hari di perjalanan. Jadi untuk meminimalkan jetlag dan kecapean di jalan, kemarin kami memutuskan untuk stay dulu di Los angeles, US sebelum terbang ke Lima, Peru. Kemarin perjalanan kami ke US dengan ANA, transit di tokyo, ANA adalah salah satu maskapai favorit kami karena toiletnya yang serba pencet aja dan makanannya yang cocok dengan lidah kami juga pramugarinya yang ramah terutama kalau membawa anak, pasti dikasih pre-boarding alias bisa masuk pesawat duluan tanpa harus antri. Terbang ke Lima kami menggunakan American airlines, dan terbang balik menggunakan LATAM, jujur baru kali ini flight 8 jam dengan American airlines cuma dikasih 1 bungkus snack ajah, untung kami selalu sedia snack di tas.

Where to go

Di Peru kami spent 12 hari untuk meng-explore kota-kota dari Lima sampai ke Cusco. Kami menggunakan Peru hop, yaitu hop on hop off bus yang sangat recommended sebagai sarana transportasi di negara ini, karena public transport di Peru tidak mudah. Dan ada banyak pilihan yang ditawarkan Peru hop mulai dari equador , peru sampai bolivia. Kemarin kami ambil paket Lima to cusco without canyon, kota-kota yang dilalui termasuk Lima, Paracas, Huacachina, Nazca, Puno dan Cusco. Here we go..

  1. Lima – well, seperti ibukota pada umumnya, tidak terlalu banyak yang bisa di explore di lima selain main square, huacca pucllana (sisa reruntuhan temple peradaban inca) dan temple of Pachacamac, tentunya kalian tidak boleh melewatkan tempat hip di Lima, Miraflores dan Barranco. 2 malam adalah waktu yang pas untuk mengexplore kota ini.
    1907-2019-07208458977304749670

    Lima Main square

    1907-2019-07232738979732888732

    Fancy shop at Miraflores area

    1907-2019-07172958973754831442

    Huaca Pucllana

  2. Paracas – kota kecil dipinggir pantai yang berjarak 3 jam dari Lima. Tidak banyak tujuan wisata disini, selain hacienda San Jose dan ikut boat tour ke Islas Ballestas untuk melihat sea lion dan kawan-kawan dan paracas natural preserve. 1 malam adalah waktu yang cukup untuk stay di kota ini, karena memang kota ini benar-benar kecil. Btw, kami mencoba the best ceviche di kota pinggir laut ini.
    1907-2019-07191718975630581441

    Hacienda San Jose

    1907-2019-07144978970956173109

    Islas Ballestas

  3. Huacachina – oasis ditengah padang gurun yang habis dalam sehari. Yang harus kalian lakukan di huacachina pastinya sand boarding dan menikmati sunset dari atas gurun pasir. Jangan lupa untuk mampir di El catador vineyard untuk mencoba piscos mereka. 1907-2019-08131779962861460457

    1907-2019-08082569957940401604

    Huacachina oasis

  4. Nazca – Actually kami kemari untuk melihat nazca lines yang konon dibuat oleh alien? well, sebernya ini adalah sistem irigasi yang dibuat suku inca. Kalian punya 2 opsi untuk melihat nazca lines ini, dari tower (hanya 3 bentuk yang dapat terlihat) atau ikut nazca flight (dapat melihat semua gambar karena terbang dengan pesawat). Kami tidak stay di kota ini, karena memang objek wisatanya hanya melihat nazca lines tersebut, instead, kami memutuskan untuk overnight di bus.

    GEE05819

    Nazca Line

  5. Arequipa – Kota ini konon katanya salah satu kota yang cantik di Peru, banyak yang bilang mirip dengan cusco. karena kami tidak mengambil rute colca canyon (harus hike beberapa hari) dan hari-hari kami kesana memang ada travel warning dan beberapa protest dengan memblok jalan termasuk di arequipa ini, jadi kami hanya transit disini sebelum melanjutkan perjalanan kami ke puno.
  6. Puno – Kota diatas gunung, setibanya kami di Puno, kami semua mengalami AMS (Acute Mountain Sickness) ringan. Agak bingung karena katanya kalo jalan darat biasanya badan sudah dapat menyesuaikan dengan inclinasinya, tapi nyatanya pusing dan berdebar-debar masih kami rasakan.Β  Di puno, kami mengambil tur tambahan dari pagi sampai sore untuk explore lake Titicaca Taquile Island dan Uros island, pulau yang dibuat dari akar dan ranting tanaman. Kami hanya stay 1 malam disini. Ambil tour ke pulau-pulau tersebut berangkat dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Puno merupakan border Peru dan bolivia, dan lake ini separuhnya adalah wilayah bolivia.
    1907-2019-08147729964456348478

    Taquile Island

    1907-2019-08156239965306962019

    Uros Island

  7. Cusco – ada banyak yang bisa di explore di cusco, 3 hal yang wajib kalian kunjungi via cusco adalah machu picchu, rainbow mountain, dan sacred valley. Dan tentunya kalian tidak boleh melewatkan plaza de armas del cusco untuk jalan-jalan dan belanja, luckily pas kami kesini sedang berlangsung pawai yang cukup meriah. Kami spend 5 hari di cusco, dan menurut kami kurang, karena 5 hari tersebut padet banget. Kami pun mengambil tour lokal incuding sacred valley, machu picchu dan rainbow mountain. Nanti akan kubahas detail sacred valley, machu picchu dan rainbow mountain di blog selanjutnya ya.

    1907-2019-081903410565382489532

    Fine afternoon at Plaza Mayor, Cusco

Where to stay

Lima – 2 bedroom apartment in miraflores. di Lima kami tinggal di air bnb. tempatnya bersih dan cukup strategis,dekat dengan huacca pucllana, hanya 5 menit by walk.

Paracas – San agustin hotel. Kata tour guidenya sih ini salah satu hotel terbaik di Paracas. hotel dan kamarnya ok, cuma lantainya ngga bersih, mungkin karena dekat dengan laut, jadi rasanya lengket-lengket diinjeknya dan air showernya kecil banget.

Huacachina – air bnb near huacachina dunes. kami ga terlalu suggest kalian tinggal disini, karena perlu naik taxi untuk kemari, dan ternyata ga terlalu mudah mencari taxi yang cukup membawa 4 koper bolak balik ke oasis. Plus kami sering merasa tertipu ketika menggunakan jasa layanan taxi, pas mau naik sudah disepakati harga taxi dari air bnb kami ke oasis 5 soles, pas sampe, sopir taxinya minta 10 soles. well, karena problem bahasa juga yang membuat misunderstanding. Tapi, saran kami, tinggallah di hotel sekitar oasis (semua walking distance).

Puno – Mirador del titicaca. Ok, hotel ini jauh banget dari pusat kota, ada diatas bukit. Tapi viewnya amazing, plus kalo sore kita bisa main-main sama llama dan alpaca. interior hotel dan kebersihannya excellent! di ketinggian 4000 lebih mdpl, tidak ada heater, tapi selimut dari bulu alpacanya mampu membuat hangat. Btw, jangan kuatir dengan transportasi karena mereka punya taxi langganan untuk mengantar ke kota yang harganya lebih murah dibanding taxi dari pusat kota. Dan kami juga memutuskan untuk dinner di hotel ini, pemandangannya luar biasa!

1907-2019-08116329961316396916

Our stay at top of the hill, Puno

Cusco – Casona Boutique dan Ureta hotel. Casona boutique ini terletak di centro historico, yaitu daerah wisata di cusco, jadi kalo kemana-mana hanya walking distance. sangat recomended. servicenya sangat memuaskan, karena kami early check in di hotel ini, dan mereka cukup helpful untuk menyiapkan kamar kami as soon as possible. Breakfastnya so far ini yang paling ok diantara semua hotel yang kami tinggali. Ureta hotel terletak di bussines district, jauh dari pusat wisata, tapi service hotel ini ok banget dan pemilik hotelnya cukup ramah menyambut kedatangan kami, mereka juga menyiapkan sarapan kami untuk dibawa pada saat kami harus berangkat tour subuh-subuh.

Aguas Caliente – Intipunku machupicchu hotel. Well detail hotel ini akan gw kupas tuntas di blog selanjutnya yang khusus membahas tentang machu picchu.

Where to eat and shop

Lima – Panchita, kalian harus coba lomo saltado dan aji de galina.

Paracas – Restaurant Paracas, ceviche disini tidak boleh terlewatkan. Recommended menu di restaurant ini adalah ceviche el panco danΒ  cheese scallop

Huacachina – Wild Olive, the best pizza in town!

Puno – Pizzeria del buho, pizza yang dipanggang di wood oven membuat teksturnya renyah dan patut dicoba. Di huacachina dan puno, pizza adalah salah satu yang patut dicoba, karena banyak sekali restaurant pizza disini.

Cusco – Nuna Raymi, kalian harus mencoba alpaca steak dan cuy alias guinea pig disini at least sekali dalam hidup kalian. plus dessertnya yang terbuat dari nasi , arrozambi. Untuk restaurant yang lebih high end, kalian bisa mencoba marcello batata, peruvian and fusion cuisine. Jangan melewatkan kesempatan untuk shopping di toko-toko kecil sekitar plaza di armas, karena disinilah satu-satunya kesempatan kalian untuk shopping.

Need to know

  1. Weather in Peru is unpredictable. Best time to visit is during winter , May to September, the driest season on the year.
  2. Untuk Indonesia passport holder, free visa selama 30 hari. Kalian tidak butuh menyiapkan apapun juga, selain me-makesure paspor kalian masih berlaku lebih dari 6 bulan dan memiliki 2 halaman kosong.
  3. Pilihan public transport di Peru tidak banyak. Umumnya di dalam kota menggunakan taxi, antar kota menggunakan bus, kereta ada, tetapi schedulenya jarang, kecuali kereta menuju machu picchu. Kemarin, kami menggunakan Peru hop, ini adalah sistem hop on hop off bus yang sangat recomended. mereka punya schedule tetap setiap hari, trip kalian berlaku selama 1 tahun, kalian boleh set tanggal keberangkatan kalian kapanpun, yang penting kalian harus update tanggal yang kalian inginkan. Kalian bisa cek disini untuk info lebih lengkapnya. Rental car di dlm city sangat direkomendasikan, tapi kalo kalian mau nyetir dari lima ke cusco, kemarin baca-baca review kurang recomended karena rental car tidak bisa pick up dan drop off di tempat berbeda, plus pegunungan andes medannya cukup sulit.
  4. Taxi di peru a bit tricky. Biasanya mereka akan mengetok harga kalo tau kita tourist, dan mostly taxi yang kami pernah pakai tidak punya argo resmi. Jadi kalian harus tawar menawar.
  5. Waktu yang diperlukan untuk explore Peru MINIMUM 2 minggu. Karena kalian akan menghabiskan waktu di jalan. Lima to paracas 3 jam driving, paracas to huacachina 1 jam driving, huacachina to nazca sekitar 2 jam driving, nasca to puno 14 jam driving, kemarin kami overnight di bus, total sekitar 18 jam including stop buat dinner di nazca dan breakfast di arequipa, Puno to cusco sekitar 6 jam driving.
  6. Kalian tidak bisa tukar peruvian soles di Indonesia, jadi penting untuk diingat ambilah uang secukupnya (kami selalu ambil uang di atm machine, per sekali ambil kena biaya tergantung bank kalian masing2, sebaiknya ambil sekaligus banyak), karena kalo sisa tidak bisa ditukar rupiah disini. Plus di huacachina tidak ada ATM machine, hey tapi jangan kuatir mereka selalu accept credit card.
  7. Sangat dianjurkan untuk menyewa pocket wifi untuk memudahkan perjalanan kalian. Kemarin kami pakai javamifi yang worldwide, signalnya cukup ok. bisa dipakai sampai 4 devices. 1907-2019-08074169957099672437

Budgeting

Budget rata-rata per orang berdasarkan pengalaman kami dengan hotel dan restaurant medium (tidak high end dan tidak kaki lima), kurang lebih sebagai berikut:

  • Ticket ekonomi pp Jkt – LA : 9,000,000
  • Ticket ekonomi pp LA – Lima : 15,000,000
  • Ticket ekonomi cusco – Lima one way : 900,000
  • Rata-rata hotel per malam : 1,500,000 (x 12 hari = 18,000,000, nb: 2 mlm overnight di bus, anggap 1 kamar 2 org jadi kita bagi 2 = 9,000,000)
  • Rata-rata meal sekali mkn : 200,000 (x 3 x 14 hari = 8,400,000)
  • Peru hop untuk 2 minggu : 2,900,000
  • Tour tambahan islas ballestas, uros island dan buggy ride : 700,000
  • Tour machu picchu, sacred valley, rainbow mountain : 6,500,000
  • Taxi, tip, and entrance ticket : 1,500,000
  • Pocket wifi : 3,000,000 (total per rental)
  • TOTAL : 56,900,000 (belum termasuk uang saku)

Thanks for reading!

1907-2019-08046509954334373479

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s