Machu Picchu, Peru

Hai! kali ini kami khusus membahas tentang machu picchu dan detail-nya, karena informasi yang ada agak bingung buat kami karena pikir harus trekking, dan tiket resmi pun agak membingungkan dan dipertanyakan ini resmi ga sih? Jadi kami akan coba kupas tuntas special tentang machu picchu ini.

How to get thereΒ 

Ok, gw akan mencoba menjelaskan start from step 1

  1. Kota yang harus kalian tuju pertama untuk ke machu picchu adalah cusco. Ada 2 opsi yang dapat dipilih. Kalian bisa terbang langsung dari Lima (ibukota Peru) atau melalui jalan darat seperti kemarin, kalian bisa baca detailnya di blog kami sebelumnya.
  2. Tujuan wisata favorite di Cusco dan sekitar adalah Machu Picchu, Vinicunca rainbow mountain, Palcoyo rainbow mountain, Sacred Valley and Pisac, Humantay Lake dan cusco city itu sendiri. Kami akan coba bahas ini satu persatu di blog kami selanjutnya. Kali ini kami akan special membahas Machu Picchu.
  3. Dari Cusco untuk ke Machu Picchu, kalian harus naik train atau bus ke kota Ollantaytambo, kota ini terletak di kawasan sacred valley, jadi ada baiknya kalian pergi pagi hari untuk berkunjung ke moray dan pisac ruin serta pisac market sebelum ke ollantaytambo dan ada 2 opsi yang dapat kalian pilih :
    • Kalian ambil bus dari Puputi S/N di Cusco menuju Calca, Urubamba lalu ollantaytambo , total perjalannya 2 jam 30 menit. Harganya $USD 4 (sekitar 60,000 Idr one way).
    • Kalian bisa juga ambil small bus di Pavitos, Cusco ke Ollantaytambo, Total perjalanannya 1 jam 30 menit. Harganya US $6 one way (sekitar 90,000 IDR).
    • Kalian bisa juga ambil kereta dari Poroy (25 menit by car dari cusco langsung ke aguas caliente (machu picchu town) hanya akan berhenti 1 kalo di Ollantaytambo. Total perjalanannya 3 jam 20 menit sampai di Aguas Caliente. Train ini dioperasikan oleh Peru Rail saja dan hanya ada jam pagi hari.
  4. Di Ollantaytambo, pergilah ke Ollantaytambo train station untuk pergi menuju ke kota Aguas Caliente atau disebut juga Machu Picchu town. Di step ini hanya ada 1 opsi, kalian HARUS mengambil kereta dari Ollantaytambo ini ke Aguas Caliente. No other option. Kereta yang bisa kalian ambil antara Inca rail atau Peru rail. Total perjalanan dari Ollantaytambo ke Aguas Caliente sekitar 1 jam 50 menit. Kemarin kami mencoba Peru Rail expedition dan vistadome. Harga Expedition $45 (sekitar 650,000 IDR one way) dan Vistadome $58 (sekitar 900,000 IDR one way). Trainnya cantik dan bersih banget, on time, kalo vistadome kami dapat snack dan ada berbagai performance di kereta. Kalian bisa membeli tiket di Ollantaytambo station, tapi sebaiknya belilah in advance.
  5. Sesampainya di Aguas Caliente, kalo kalian menginap di kota ini, kalian pasti akan dijemput dengan porter hotel (kota ini adalah kota kecil yang dapat habis dengan jalan kaki) untuk membawakan luggage kalian. Atau kalo kalian berencana langsung ke machu picchu kalian punya beberapa opsi:
    • By bus – Bus ini ada setiap beberapa menit setiap hari mulai dari jam 5.30 pagi – 15.30 siang, sedangkan arah balik dari Machu Picchu ke Aguas Caliente mulai beroperasi dari jam 6 pagi sampai 13.30. Total sekali jalan sekitar 40 menit, Harga tiket untuk adult sekitar 24 USD pp (sekitar 300,000 IDR). Line antriannya sangat panjang, dan biasanya mereka akan mengecek apakah kalian sudah punya tiket bus dan sudah punya tiket machu picchu atau belum. karena kalian hanya diperbolehkan mengantri start dari 2 jam sebelum jam masuk entrance ticket machu picchu kalian.
    • Trek – ada beberapa trail yang bisa kalian ambil dari Aguas Caliente ke Machu Picchu yaitu Inca jungle trail, Famous inca trail, atau Salkantay trail. Harganya bervariatif mulai dari $150-$650 (sekitar 2 sampai 8 juta IDR).

Ticket

Ada 4 pilihan tiket machu picchu yang bisa kalian ambil:

  • Tiket entrance machu picchu + huayna picchu (gunung di belakang kota machu picchu ini, kalian harus trekking lagi jika mengambil jenis tiket ini). Kapasitasnya hanya 100 orang saja per jam. Harganya $86 (sekitar 1,300,000 IDR).
  • Tiket entrance machu picchu + montana picchu (gunung machu picchu, kalian harus trekking juga jika mengambil tiket ini, kapasitasnya 100 orang per jam). Harganya $86 (sekitar 1,300,000 IDR).
  • Tiket Machu picchu entrance saja. Kapasitas per jamnya 800 orang. kemarin kami mengambil entrance saja karena tidak mungkin trekking dengan membawa anak. Harganya $70 (sekitar 1,000,000 IDR).
  • Tiket Machu Picchu + museum. Kapasitasnya juga 800 orang per jam, harganya $77 (sekitar 1,100,000 IDR). Kalian bisa baca info detailnya disini.

Untuk masuk ke machu picchu ada jam-jamnya, mulai dari jam 6 pagi sampai jam 2 siang setiap harinya. Mereka menjual tiket per jam dan kita hanya diperbolehkan berada di kawasan reruntuhan nya paling lama 2 jam.

Our Experience

Kemarin kami ikut lokal tour, Exploor Peru untuk ke sacred valley, machu picchu dan palcoyo rainbow mountain. Harga tournya 447 USD untuk tour 3 hari (dapet diskon 40 USD, jadi total per pax sekitar 6,000,000 IDR) sudah plus airport drop, semua tiket masuk (kecuali tiket sacred valley) dan train ticket berikut tour guide. Sangat worth it! karena untuk all in ke machu picchu sendiri sudah 3 jutaan. Kalo ikut tour sudah tinggal duduk manis dijemput dan diantar plus dapet breakfast dan lunch juga. Kalo kalian punya budget lebih, kami sangat menyarankan kalian ambil local tour. Jadi kami kemarin dari cusco, dijemput dengan local tour di hotel tempat kami menginap, hari pertama ke sacred valley, sore hari kami di drop di Ollantaytambo train station, setibanya di aguas caliente kami dijemput dengan porter hotel, dan tour guide kami sudah menunggu di hotel tempat kami menginap untuk menjelaskan beberapa hal mengenai machu picchu trip kami. Hari ke 2 kami berangkat pagi-pagi untuk antrian bus, kami dapat tiket masuk jam 8 pagi. Dan tour guide kami menemani dan menjelaskan sepanjang perjalanan. Jam 11 kami kembali ke aguas caliente, makan siang dan check out lalu naik kereta jam 2 siang dari Aguas caliente menuju ollantaytambo, Sore hari sesampainya di Ollantaytambo kami sudah dijemput driver yang membawa kami kembali ke cusco. Hari ke 2 kami berangkat pagi-pagi untuk mengunjungi rainbow mountain. Cerita dari rainbow mountain dan sacred valley akan kami bahas di blog selanjutnya. Nantikan ya.

Need to know

  1. Best time to go to machu picchu adalah during winter / dry season, April – September.
  2. Cuaca di Machu Picchu unpredictable, jadi selalu siapkan jas hujan. Dan jangan lupa bawa minum secukupnya.
  3. Untuk masuk ke machu picchu kalian harus ditemani oleh guide resmi.
  4. Kalian memerlukan paspor untuk masuk ke machu picchu, dan setelah keluar dari machu picchu kalian bisa cap passpor kalian dengan machu picchu stamp.
  5. Untuk mengunjungi machu picchu ada cara yang tidak memerlukan trekking sama sekali (seperti sudah dijelaskan diatas), terbukti kami membawa anak 6 tahun di perjalanan ini.
  6. Pesan semua tiket kalian in advance, paling lambat 1 bulan sebelumnya.
  7. Sangat disarankan untuk menginap di Aguas Caliente dan berangkat ke machu picchu pagi-pagi dari aguas caliente. Selain untuk mencegah altitude sickness, aguas caliente merupakan kota yang unik.
  8. Di dalam situs tidak terdapat kamar mandi, jadi pastikan kalian done that before entrance gate. Hanya ada 1 area kamar mandi berbayar sebelum pintu masuk.
  9. Famous Instagram photo spot di machu picchu adalah dekat pintu masuk atau dekat rumah pengawas.

Hope it helps!

 

One thought on “Machu Picchu, Peru

  1. Putri amelia says:

    Asli si keren parahhh,banyak info baru and of course detail sekalii buat yang mau travel kesanaa! love this page! #theprasetyatrip #oleholehperu

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s