How to apply U.S Visa for Indonesian Passport holder

Apply visa U.S itu kaya sebuah momok yang cukup menakutkan buat gw, karena banyak banget gosipnya, katanya susah deh, banyak teman yang ditolak juga, ada yang bilang sebaiknya pakai agent aja, biar lebih mudah. Sedangkan selama ini selalu apply visa sendiri, agak sayang juga ya kalo pake agent bisa selisih 600ribuan dikali 3 orang (ayah, ibu dan 1 anak) udah lumayan bisa dapet 1 kamar hotel kan selisihnya. Jadilah gw googling2 dan baca2, kuncinya itu aja sih sebenernya, rajin-rajinlah membaca. eh ternyata ngga susah sama sekali loh! bahkan untuk melengkapi formnya hanya dibutuhkan 10 menit per form. dan pertanyaannya juga ngga seaneh-aneh isi application form buat apply visa U.K. Tapi sempet stress berat karena application onlinenya ngga bisa dibuka, akhirnya bisa dibuka tapi back terus dan close mendadak sampai berkali2 sampai mau nangis rasanya (udah nangis beneran sih :p). Dan ternyata oh ternyata, laptop akuh terlalu jadul, jadi system mereka udah terlalu canggih sampe laptop akuh yang tua ini ngga bisa update firefox terbaru atau explorer terbaru makanya down terus. Begitu mencoba isi dengan perangkat komputer yang berbeda langsung lancar jaya tanpa down dan mati2.

Mengisi aplikasi online, pembayaran, sampai mendapatkan konfirmasi waktu appointment

Langkah-Langkah yang harus kalian perhatikan dari awal – akhir:

  • Membuat akun untuk keperluan janji temu wawancara visa. Kalian bisa cek di tautan berikut ini. FYI, akun ini akan digunakan setelah kalian mengisi lengkap online form, pengecekan online form kalian apa sudah diproses atau belum, proses pembayaran, dan untuk memilih waktu wawancara.
  • Mengisi online form DS 160 untuk non immigrant visa. Berikut guidelinenya, mohon maaf, laptop akuh yang ini tetap tidak compatible untuk membuka form tersebut, tapi kalian bisa klik link di guideline pengisian form yang kami kasih ini untuk menuju ke online formnya.
  • Submit form kalian, dan kalian akan mendapatkan konfirmasi melalui email tentang pembayaran yang harus kalian lakukan.
  • Setelah proses pembayaran, kalian dapat memilih waktu janji temu lewat akun yang telah kalian buat.
  • Sambil menunggu, siapkan semua dokumen yang kalian perlukan.

Untuk pertanyaan-pertanyaan yang harus kalian lengkapi pada online form standard saja, seperti data pribadi, keluarga, rencana perjalanan kalian yang mencakup kalian akan tinggal berapa lama, tinggal dimana dan kenapa kalian mau pergi ke US, financial support dan pekerjaan,dan pertanyaan-pertanyaan tambahan seperti apakah pernah di tolak apply visa US sebelumnya, pernah di deportasi, dsb. Kalau kalian sudah mengisi data-data tersebut dengan lengkap, akan keluar nomor konfirmasi kalian, dan kalian akan diminta membayar biaya visa ke bank of america (bisa dilakukan di bank CIMB Niaga). Setelah kalian melakukan pembayaran, paling lama 3 hari kerja konfirmasi pembayaran kalian akan secara otomatis ter-update di sistemnya. Setelah sistem meng-update, baru kalian bisa pilih tanggal dan waktu appointment, secara otomatis, untuk aplikasi keluarga, ada pilihan family dan kalo family akan dimasukan ke satu jam yang sama karena kalian akan diinterview bersamaan.

Dokumen – dokumen yang perlu dipersiapkan

Sambil kalian menunggu jadwal temu kalian, kalian bisa menyiapkan dokumen-dokumen dibawah ini untuk berjaga-jaga. walaupun waktu interview, yang mereka minta hanya 4 nomer paling atas saja, nomer 5 dan selanjutnya tidak terpakai sama sekali, bahkan dilirikpun tidak, agak nyesek ngeprint berlembar-lembar sih sebenarnya, tetapi memang biasanya applicant akan menyiapkan dokumen-dokumen tersebut untuk berjaga-jaga apabila diperlukan.

  1. Paspor yang masih aktif minimum 6 bulan dan masih ada lembar kosong.
  2. Pas foto 4,5 x 4,5 cm background putih yang diambil 6 bulan terakhir, Inipun kalian perlu menguploadnya waktu pengisian online form.
  3. Print surat konfirmasi pendaftaran online kalian dengan barcode-nya.
  4. Paspor lama yang ada cap/visa negara-negara yang pernah kalian kunjungi.
  5. rekening tabungan legalisir bank 3 bulan terakhir.
  6. surat rekomendasi dari kantor tempat kalian bekerja yang menyatakan kalian akan balik ke Indonesia.
  7. Surat sponsor jika ada.
  8. Kartu keluarga.
  9. Akte Lahir & Akte nikah.
  10. Fotocopi identitas diri / KTP.
  11. Dokumen pemesanan tiket pesawat.
  12. Dokumen pemesanan hotel.
  13. Travel insurance yang mengcover perjalanan kalian.

Hari temu wawancara

Pada hari H, setelah kalian menyiapkan semua dokumen-dokumen tersebut, pastikan jangan ada yang tertinggal. Kalian tinggal datang ke kedutaan america di Jalan medan merdeka (seberang monas) dan sebaiknya kalian naik transportasi umum atau jika dengan mobil pribadi, sebaiknya dengan sopir, karena memang di tempat tersebut hanya boleh drop and go, serta tidak ada lahan parkir, jadi memang agak susah untuk parkir kendaraan kalian disana. Kemarin kami sudah tiba di tempat tujuan 20 menit sebelum waktu janji temu kami, karena memang takut terlambat, karena keterlambatan lebih dari 30 menit berarti kalian harus appointment ulang. Nah sebelum memasuki gedung kalian akan diminta berbaris sesuai dengan urutan kedatangan, lalu petugas akan memeriksa nama kalian apakah tertera di jadwal janji temu kedutaan serta meminta telepon genggam dan perangkat elektronik lainnya untuk dititpkan ke loker, sangat dianjurkan kalian tidak membawa banyak barang di tas kalian, krn loker mereka cuma cukup untuk telpon saja, dan kemarin ada yang antri bawa laptop, akhirnya tidak diijinkan masuk. Lalu setelah masuk, akan ada petugas yang memeriksa kembali surat konfirmasi janji temu kalian juga meminta kami untuk menyiapkan dokumen yang diperlukan (hanya 4 poin diatas yang diminta), dan mereka akan memberikan nomer antrian. ada 3 step bilik yang harus kalian jalani:

  1. bilik pertama – akan ada petugas yang memeriksa kelengkapan dokumenΒ  dan apakah sesuai dengan persyaratan mereka serta memberikan tanda kelengkapan apabila sudah diperiksa.
  2. bilik kedua – petugas akan mengambil sidik jari dan foto diri anda (biometric).
  3. bilik ketiga – dari bilik ke 2 untuk ke bilik ke 3 kami mengantri cukup panjang dan lama, karena memang interviewnya ga bisa di prediksi akan lama atau cepat. Dalam bayangan interviewnya akan masuk keruangan satu per satu (dulu pernah interview kedutaan India seperti ini), eh ternyata ini berbaris interview sambil berdiri dan bisa banget dengerin antrian depan ditanya apa aja πŸ˜› . Tiba giliran kami, kamipun menghadap petugas interview yang hanya menanyakan berapa lama kami akan stay di US, untuk keperluan apa, dan pekerjaan nya apa. Tidak sampai 5 menit, lalu petugas memberikan kami ucapan selamat sambil memberikan kami selembar kertas putih, yang artinya visa kami disetujui. Yeay! sedangkan ada orang yang sebelum kami mendapatkan kertas kuning (ada dokumen yang harus kalian lengkapi) dan kertas merah (visa ditolak).

Need to know

  1. Dari proses pengisian form, sampai dapat jadwal wawancara kemarin kami 2 minggu lebih. Sedangkan dari waktu kalian sudah dapat memilih tanggal sampai tanggal janji temu yang kosong kurang lebih 5 hari kerja. Sebaiknya untuk apply visa US, mereka pun menganjurkan paling minimum 1 bulan sebelumnya. sebaiknya bahkan jauh-jauh hari sebelum itu, bahkan sebelum kalian beli tiket dan hotel. Biar kalau ditolak ngga rugi tiket dan hotel.
  2. Harga visa non immigrant 2,320,000 IDR per pax.
  3. Visa dapat dikirim melalui paket kerumah. Pastikan di rumah ada orang yang dapat menerima.
  4. Proses wawancara dari masuk sampai selesai kurang lebih membutuhkan waktu 1 jamΒ  sampai 1,5 jam.
WhatsApp Image 2019-08-23 at 11.29.15 AM

– Approval letter we got after interview section –

 

Screen Shot 2019-08-22 at 10.15.47 AM

– Online Visa confirmation sample –

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s