California, U.S

Liburan jadi cukup sulit setelah anak kami masuk sekolah, pasalnya kami biasanya pergi liburan di musim semi atau di musim gugur dimana biasanya low season dan harga lebih murah, cuacanya pun lebih bersahabat di dua musim tersebut, sejak anak kami masuk sekolah liburan panjang hanya bisa terjadi di kenaikan kelas atau akhir tahun saja. Dan summer tahun ini kami berkesempatan untuk mengunjungi Los Angeles, California. Demi mengejar promo tiket murah, tanpa survey langsung beli, setelah beli, cek weather, ternyata panasnyaaa sama kaya di Jakarta. Rencana ingin road trip ke Canyon dan San Fransisco-pun terpaksa kami batalkan dan langsung buru-buru cari tiket ke Peru, yang pada saat itu sedang winter. Untungnya pertengahan juni di LA masih cukup sejuk, 20an derajat kalau malam drop sampai belasan derajat.

How to get there

Kami terbang dengan ANA, transit di Tokyo, lalu Los Angeles. So far, kami cukup puas terbang dengan ANA, karena mereka selalu memberikan pelayanan yang ok apalagi untuk penumpang yang membawa anak seperti kami, selalu diprioritaskan untuk early boarding.

Where to go

Kemarin kami spent in total 7 malam di Los angeles, hari pertama tentunya hanya untuk berisitrahat dan adjust dari jetlag, hari ke 2 eksplor hollywood dan griffith, hari ke 3 seharian di disneyland, hari ke 4 belanja, hari ke 5 day trip ke joshua tree, hari ke 6 belanja lagi πŸ˜€ , hari ke 7 LACMA.

  1. Hollywood – Belum lengkap rasanya kalau pergi ke Los Angeles tanpa mengunjungi hollywood, ada beberapa tujuan wisata yang bisa kalian lakukan di Hollywood, antara lain, berfoto di hollywood sign, ada taman yang cukup menyenangkan untuk duduk-duduk dan jalan-jalan sore di dekat spot foto hollywood sign, kalian bisa sampai ke sign-nya tapi harus hike, karena tidak possible untuk dilewati mobil. kalian bisa juga mengunjungi hollywood avenue, tempat para superstar membubuhkan tanda tangan mereka di sepanjang jalan tersebut, atau kalian juga bisa mengunjungi hollywood studio tour untuk melihat bagaimana pembuatan film-film hollywood dilakukan. Untuk hollywood sign dan hollywood avenue tidak ada tiket masuk dan jam buka bebas, sedangkan untuk hollywood studio tour kalian bisa membanding2kannya disini, karena banyak sekali pilihan studio tour yang bisa kalian kunjungi.

    Shared from Lightroom mobile (1).jpg

    – Hollywood sign –Β 

  2. Griffith Observatory – Kalau kalian suka bintang2 dan luar angkasa, rasanya kalian tidak boleh melewatkan untuk mengunjungi salah satu lokasi shooting dari La La Land ini. Tiket masuk observatorium gratis, hanya kalian kalau mau menonton di planetarium-nya kalian harus membayar 7 dollar untuk adult (sekitar 100,000 IDR). Buka dari jam 10 pagi – jam 10 malam. Kalian bisa cek ada event apa saja yang sedang berlangsung disini. Lokasi Griffith dan hollywood sign berdekatan, kalian bisa mengunjungi 2 tempat tersebut dalam 1 hari.

    GEE04801.JPG

    – Griffith –

  3. LACMA – atau kepanjangan dari Los Angeles County Museum of Art, Kami kemari bukan karena kepingin lihat museumnya, tetapi karena spot tourist instagrammable yang tidak boleh terlewatkan di depan museum ini. Tiket masuk dan opening hour free, Hanya perlu diperhatikan kalau tempat ini pasti ramai turis yang ingin berfoto.

    Shared from Lightroom mobile

    – Famous Instagramable spot in LA, LACMA –Β 

  4. Joshua tree National Park – Kemarin kami berkesempatan untuk mengunjungi Joshua Tree National Park, 2 jam driving dari Los Angeles. Joshua tree ini bisa dihabiskan dalam 1 hari, konon katanya kalo camping disini kalian bisa lihat milky way, tapi sayangnya pas kami kesana, camp groundnya tutup karena summer bisa mencapai 40 derajat disana. National parknya pun sebenarnya tutup, seharusnya kami membayar tiket masuk national park, tapi alhasil karena mereka tutup, kami masuk tanpa membayar. ada 2 spot foto yang wajib kalian kunjungi yaitu cholla cactus garden dan cottonwood camp ground.

    GEE05007.JPG

    – Cottonwood Campground –

  5. Disneyland Anaheim and Disney California Adventure Park – Berjarak sekitar setengah jam dari Los Angeles, kami akan membahas tentang disneyland lebih detail di blog kami selanjutnya.

    GEE04927

    – Disney California Adventure –Β 

Where to eat and shop

Kalau ke US atau ke Canada, kalian tidak boleh melupakan untuk mengunjungi outlet, karena kalian bisa menemukan barang dari berbagai brand dengan harga terjangkau. Dan berbagai macam jenis restaurant tersedia disini, mulai dari japanese, korean, chinese, thai, indonesian food, fast food, italian, dan dari semua yang kami coba, rasanya bisa dibilang ‘benar dan sesuai ekspektasi’ , dalam arti kalau makan ramen ya rasa ramen bukan rasa mie china.

  1. Citadel Outlets – Outlet ini cukup lengkap dan kalian pasti kalap karena diskonnya bisa sampai 70%, beli baju GAP ga sampai 50,000 IDR, kapan lagi ya kan?
  2. Outlet at Orange – Ini juga banyak pilihannya, memang lebih jauh dibandingkan ke citadel. Tapi ada beberapa item yang bisa ditemukan disini dan ga ada di citadel.

    GEE08207

    – at Orange Outlet –

  3. Wallmart – ini adalah pasar swalayan wajib dikunjungi, terutama kalo kalian berencana road trip, beli lah aqua disini, karena jauh lebih murah dibanding di Swalayan kecil di dlm kota. Dan seperti carefour atau giant kalo disini, mereka menjual berbagai macam barang dari sepeda sampai kartu telefon, harganyapun relatif murah.
  4. Marugame monzo – Kalian perlu mencoba Signature Carbonara Udon, rasanya mantep banget. memang agak pricey, 13,95 per porsi (sekitar 200,000 IDR belum termasuk tips). Porsinya juga lumayan kecil, waiting list harus nunggu 15-30 menit. Tapi menurut kami, worth a try.
  5. Zzamong – Kalo kalian suka legend of noodle, Zzamong itu korean food semacamnya. yang harus dicoba ja jang myon. porsinya besar. kemarin kami makan 2 porsi untuk ber4. Budget makan per orang sekitar 170,000.
  6. In and Out burger – Burger ini selalu ramai pengunjung dimanapun, Kalo ke US, belum lengkap kalau belum mencoba burger khas mereka ini. Budget makan ber 3 sekitar 250,000.
  7. Shake shack – Burger versi lebih sehat, porsinya tidak sebanyak in and out, tidak seramai in and out juga, Budget makan ber3 sekitar 350,000 IDR.
  8. Yakitori shabu-shabu – Recomended, tempatnya ok, pelayanannya ok, harganya a bit expensive. Yang perlu kalian coba tentunya shabu-shabunya. Budget per pax sekitar 430,000 IDR.
  9. Yang chow – Buat yang kangen chinese food tempat ini super recommended! Kalau di jam makan juga tak kalah ramai, terletak di china town, menu yang harus kalian coba spicy szechuan wonton soup (non halal). Budget per orang 300,000 per pax.
  10. Daikokuya – Ini juga ramainya serius, seperti marugame monzo, restaurant ini terletak di Little Tokyo, kalian perlu antri sekitar 15-30 menit untuk dapat tempat. Yang perlu kalian coba adalah daikokuya original noodle bowl.

Need to know

  1. Los Angeles kurang lebih sama seperti Jakarta, kemana-mana jauh, dan transportasi yang paling murah, mudah dan terjangkau adalah rental mobil. Banyak pilihan yang bisa kalian pilih seperti Alamo, Budget, Hertz, Enterpise, dan sebagainya. Kalian bisa pick up dan drop di airport atau di tempat berbeda.
  2. Kami sangat menyarankan untuk mendownload aplikasi Yelp! untu memudahkan dalam mencari rekomendasi makan, tempat parkir, dan food delivery.
  3. Jangan lupa untuk memberikan service tip setiap kalian makan, biasanya mereka akan memberikan 3 pilihan mau sekitar 12 %, 15 % atau 18%. Tip selalu wajib di negara ini, jadi jangan sampai kalian dikejar2 karena belum memberikan tip ya :p .

Hope it helps.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s