Tokyo with Kids

Jepang merupakan salah satu negara surga untuk anak-anak. Bagaimana tidak, hampir di setiap sudut jalan dapat ditemui gatcha (mesin yg biasanya dimasukan koin berisi macam-macam mainan). Di samping itu banyak sekali amusement park untuk anak-anak. Anak kami yang berusia 6 tahun senang sekali kalau diajak jalan-jalan ke jepang. Dijamin ngga pernah mengeluh cape atau ribut mau pulang ke hotel. Berikut kami akan sedikit membahas apa saja yang bisa kalian explore di Tokyo dengan anak dengan waktu yang terbatas.

  1. Disney Parks – Disney parks di Tokyo ini ada 2 yaitu Disneyland dan Disneysea. Ada beberapa perbedaan antara Disneyland dan Disneysea, Wahana di Disneyland lebih kids friendly, dan kalau kalian membawa toddler 1-5 tahun, memang disarankan sebaiknya kalian memilih Disneyland. Tipikal park ini seperti di Disneyland negara-negara lainnya, wahananya pun mirip-mirip. Sedangkan di Disneysea, ada beberapa permainan (sekitar 40-50% dari total wahana yang ada) yang mewajibkan anak sudah bisa duduk diam sendiri tanpa dipangku, ada beberapa wahana yang menerepkan sistem tinggi badan, ada yang minimum tinggi badan 112 cm, ada juga yang 117 cm, jadi pastikan anak kalian sudah memenuhi persyaratan diatas yah, agar bisa ikut main dan ga rugi cuma duduk-duduk nungguin yang lain main. Jika kalian ke Disneysea, jangan lupa juga untuk menyaksikan fantasmic di jam 8 malam, ini merupakan salah satu show wajib jika kalian mengunjungi disneysea. Beberapa wahana seru yang tidak boleh terlewatkan anatara lain tower of teror, Journey to the center of the earth, toy story mania. Buka dari jam 8.30 pagi sampai jam 11 malam. Harga tiketnya, kemarin kami beli di traveloka dapet diskon jadi 800ribuan per person.
    DSC09749

    – mochi ice cream in 3 different flavor, a must try! –

    DSC09763

    DSC09780

    – Halloween in Disneysea –

    DSC09811

    – Fantasmic show –

  2. Lego Discovery Center – Lego discovery center ini berbeda dengan lego land, ini adalah sebuah tempat indoor terletak di Odaiba. Tempatnya ngga terlalu luas, bahkan bisa dibilang kecil, hanya ada 3 wahana, 1 teater, ruang lego factory, tempat makan, mini land, dan 3 tempat untuk merakit dan bermain lego. Buka dari jam 10 sampai jam 7 malam, tiket terkahir di jam 6 malam. Tapi buat anak yang memang suka lego, bisa menghabisakan waktu 1 hari disini. dan yang paling kami suka kalau pergi ke park di luar negeri, mereka selalu punya games-games seru untuk anak-anak, kali ini karena sudah berdekatan dengan haloween jadi ada quest untuk mencari boo ghost dan yang bisa menjawab quest tersebut akan mendapatkan hadiah, seru kan. Harga tiket masuknya sekitar 100,000 rupiah. DSC09871DSC09875DSC09929
  3. Fujiko F Fujio Museum – Lebih dikenal dengan sebutan Doraemon museum, museum ini terletak di kanazawa, keluar kota tidak jauh dari tokyo. Yang bisa dilakukan disini adalah mendengarkan dan melihat sejarah fujiko f fujio dalam membuat doraemon, kumpulan komik-komik dan hand drawing dari fujiko f fujio, bisa nonton movie doraemon, ada tempat untuk membaca komik doraemon juga dan kids indoor activity, selain itu di area luar terdapat exhibit area untuk berfoto, ada 1 restaurant yang menunya berbentuk doraemon dan teman-temannya. patut untuk dicoba, juga shop yang menjual berbagai merchandise dari doraemon. Tiketnya kalian bisa membeli di travel, seperti klook travel (tidak bisa beli langsung on the spot) atau kalian bisa membeli di mesin loopi tiket di Lawson mart di jepang. Di mesin ini harganya lebih murah dibanding beli di travel. Tiket masuknya sekitar 100rb rupiah. Kalian diharuskan memilih jam kedatangan kalian pada waktu membeli tiket, slot biasanya hanya dibuka untuk pilihan jam 10,12, 14 atau 16 saja. (atau per 2 jam dari jam 10 sampai jam 6 sore). Untuk kesana kalian bisa mengambil odawara line tujuan noborito station lalu naik shuttle bus yang berhenti langsung di depan museum.
    DSC00468

    – Playground –

    DSC00469DSC00371

    DSC00527

    – Noborito Station –

    DSC00475

  4. Parks – Banyak banget parks di tokyo yang bisa kalian explore, seperti yoyogi park, ueno park, dan robot park di Roppongi Hill. Selain free entrance, kami paling senang kalo anak kami bisa lari-larian di outdoor, karena cukup sulit yah cari outdoor activity/park di Indonesia yang bersih dan kids friendly. Dan yang kami suka dari parks di Jepang ini, sering ada orang yang entah bermain sulap, performing, dan lain sebagainya, dan anak2 biasanya diperbolehkan duduk menonton performance yang ada. Yang perlu di perhatikan jika kalian ingin bermain outdoor adalah cuaca pada hari tersebut, dan jam buka tiap taman, karena ada beberapa taman yang memang tutup kalau malam demi alasan keamanan, karena mostly taman yang disebutkan diatas tidak ada penerangan. DSC00147DSC00093
  5. Kiddyland dan gatcha machine – Kiddyland di harajuku adalah salah satu tempat yang wajib kalian kunjungi jika ingin berbelanja mainan. Harganya memang tidak murah, tapi item yang dijual di toko 4 lantai ini cukup lengkap. Dan satu lagi, jangan lupa untuk mencoba gatcha machine, jujur ini adalah salah satu trick yang pernah kami lakukan agar anak kami yang berusia 2 tahun mau duduk diam di stroller.

Thanks for reading!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s